PROTOKOL MULTIMEDIA

Protokol Multimedia

Tugas 1 - Sistem Multimedia - 10120825


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan protokol multimedia dan apa fungsinya!

Protokol multimedia adalah seperangkat aturan yang mengatur bagaimana data multimedia seperti audio, video, dan gambar ditransmisikan melalui jaringan komputer. Protokol ini memungkinkan pengiriman data multimedia yang efisien dan dapat diandalkan antara perangkat yang terhubung ke jaringan.

Fungsi protokol multimedia adalah untuk memastikan bahwa data multimedia dapat dikirimkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan cara yang terorganisir dan terstruktur. Protokol ini juga memastikan bahwa data multimedia yang dikirimkan dapat diterima oleh perangkat penerima dengan benar dan dalam urutan yang tepat.


2. Jelaskan tipe-tipe jaringan komputer dan apa peranannya terhadap sistem multimedia!

  • Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang relatif kecil, seperti di dalam satu kantor atau gedung yang sama. Jumlah komputer yang terhubung dalam LAN dapat bervariasi, mulai dari hitungan jari, belasan, atau bahkan ratusan unit.
  • Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang lebih luas daripada LAN, seperti di dalam satu kota atau wilayah metropolitan.
  • Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang sangat luas, seperti antar negara atau benua.

Peran jaringan komputer terhadap sistem multimedia adalah untuk memungkinkan pengiriman data multimedia yang efisien dan dapat diandalkan antara perangkat yang terhubung ke jaringan. Protokol multimedia seperti Real-Time Transport Protocol (RTP) dan Real-Time Streaming Protocol (RTSP) memungkinkan pengiriman data multimedia secara real-time dan streaming melalui jaringan.


3. Jelaskan keterkaitan antara multimedia dengan internet!

Internet memungkinkan pengiriman data multimedia seperti audio, video, dan gambar melalui jaringan komputer. Dalam hal ini, protokol multimedia seperti Real-Time Transport Protocol (RTP) dan Real-Time Streaming Protocol (RTSP) memungkinkan pengiriman data multimedia secara real-time dan streaming melalui jaringan.

Di sisi lain, multimedia juga memainkan peran penting dalam pengembangan internet. Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui jalur/kawat/saluran/jaringan seperti situs web, Yahoo Messenger, dan lain sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas, dan mencakup masyarakat luas.



Ref

https://tedas.id/teknologi/komputer/protokol/

https://repository.unikom.ac.id/57349/1/Bab%209%20Protokol%20dan%20Qos%20Multimedia%202017.pdf

https://blog.unnes.ac.id/mheyilmanhanaff/2017/02/14/tipe-tipe-jaringan-dan-topologi-jaringan-komputer/

https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-dan-jenis-jaringan-komputer/

https://komputer-grafis-d3.stekom.ac.id/informasi/baca/Mengenal-Multimedia-Interaktif-dalam-Desain/c51d89e164e8ac68f4a08184c356fef02abfcfa1

https://www.bahyudinnor.com/2020/07/pengertian-multimedia.html 

Comments

Popular posts from this blog

DEVOPS (DEVELOPMENT AND IT OPERATIONS)